Posts

Showing posts from November 21, 2011

SpashScreen Buatan di J2SE Java Desktop

Image
Nah ni salah satu pendukung Desain supaya tampil lebih menarik.. SpashScreen / Loading Windows, cuman untuk yang ini, tampilan Loadingnya kagak dibuat, hahahha buatlah sendiri ya.. ^^

Ni tampilan yang saya tunjukan sewaktu praktikum, memang hanya sekilas, sekarang akan mendalam.. (loh??) Jadi silahkan kalian buat dulu JFrame dengan tampilan terserah kalian, yang pasti yang mendukung dengan aplikasi yang kalian buat ya.........
 Ini nih prohramnya.. hehehhe jadi di Kelas Main.java silahkan pada method Main nya diberi program di atas.Program di atas berfungsi untuk pengatur waktu.. Deklarasikan dulu JFrame yang ingin dibuat jadi SplashScreen buatan, disini namanya FAwal ya. Ketika dijalankan pertama kali, setVisible FAwal menjadi true.Lalu try untuk membuat thread dengan memanggil fungsi sleep untuk mengatur waktu hilanganya splashscreen. Diprogram diatas diseting 1500, ya artinya kurang lebih adalah 1, 5 detik lah. Hehehe.. Kalau try sudah dijalankan maka tampilkan FUtama, disini maksudn…

Membuat Pewaktuan dengan J2SE di NetBeans

Image
Untuk praktikan saya nih.. Silahkan di serap.. Untuk selanjutnya mungkin diposting untuk membuat Timer Mundur untuk Quiz dan sejenisnya.. Ok Ok..

 Jadi ini adalah tampilan yg sudah kita lihat saat praktikum, fitur ini ga penting-penting amat sih, cuman namanya fitur kan terserah pembuat, mau buat apaan.. Hahahaha.. Mungkin yang lebih berguna itu kalau Timer mundur saat membuat Quiz yang butuh waktu menjawab yang dibatasi. Untuk kali ini, Pewaktuan biasa aja dulu.. :) Ini ni method yang digunakan untuk mengambil waktu di komputer, sederhana saja, kita pakai Kelas Calendar, dan untuk tiap jam, menit, dan detik kita ambil nilainya, jadi setiap ada perubahan waktu di Waktu Komputer, maka otomatis waktu akan berubah.  Karena keterbatasan waktu (cie ileh alesan) dan kalian pasti lebih suka langsung script program, ya sudah deh, saya buat gambar aja, biar ga asal co-past (kebiasaan deh). Biar ada usaha ngetiknya.. Hahahahhahaha..
Jangan lupa deklarasi variabel, dan lain-lainya ya.. jadi ada var…