-->

Recent Posts

Welcome

Haaa berusaha update lagu2 versi indonesia yang sudah expired, enjoy prend, sudah beberapa yang aku upload ulang, cuman berbeda file.. :)

Tuesday, November 22, 2011

Membuat Background di J2SE Java Desktop

Lagi-lagi tentang desain tampilan aplikasi di Java nih.. Lumayan kan, ga perlu desain pakai program.. ^^.. Jadi ga perlu copast deh.. :)

Ayo kita mulai, nah silahkan teman2 buat dulu sebuah frame yang ingin di beri background. Langkah2 nya bisa bolak balik, maksudnya, tambah dulu swing nya baru di beri background atau buat background dulu baru ditambah swingnya. Easy lah pokonya.. Seenak kalian aja.


Kita andaikan fram telah kita buat, saya harap sudah tau penggunaan Netbeans ya, karna tutorial disini menggunakan netbeans yang sering di gunakan.
Lihat gambar di atas, tambahkan Layered Pane dari Pallete ke Frame/ Form kita yang sudah dibuat tadi.. Drag hingga memenuhi semua luas yang ada di Frame. Jadi Layered Pane disini berfungsi seperti layer. Tau Photocop kan? Nah sama dengan tool itu, disini dengan Layered Pane kita bisa menumpuk-numpuk swing sesuka hati. Kalau tanpa Layered Pane, mustahil swing bisa ditumpuk2, misalnya adalah: JLabel ditumpuk di JTextField, ga akan bisa tanpa menggunakan Layered Pane. Beda dengan JPanel ya.. 
Lanjut.....
Sudah tertutupi semua frame dengan layered pane? Saya harap sudah, hahahahha.. (ga je mode on)..
Lanjut ya, sekarang masukkan JLabel ke dalam Layered Pane, drag JLabel hingga memenuhi semua frame, JLabel ini yang nanti digunakan untuk background, gampang yah.. :) Jangan lupa sediakan image dengan tipe JPEG, PNG, GIF, dan lain2 yang support ya.. Masukkan ke dalam salah satu package yang dibuat, ya misal aja buat package gambar, trus masukkan image ke package, biar lebih mudah.. :)
Pada properties di JLabel tadi, pilih bagian icon, selanjutnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Nah kalau image sudah dimasukkan ke project, pilih bagian image within project, pilih package dan pilih gambarnya, kalau sudah klik OK.. Sebisa mungkin desain sudah jadi background sudah jadi, dan ukurannya sudah sesuai dengan frame yang dibuat, karna kalau lebih kecil ya aneh, ga bisa di tarik2 ya.. kalau kebesaran boleh, cuman sayang ga keliatan sepenuhnya.. hahahha ^^
NAh kalau sudah pas backgroundnya, tinggal tambahkan swing yang lain, sampai tampilannya seperti di atas.. So Easy ya ternyata.. Banyak banget tips n trik buat2 seperti ini, yang saya temukan baik sengaja dan tidak sengaja, hahah maksudnya dpt ilmu dikit, dimodif2, eh jdi keren juga.. 
Tapi contoh background di atas itu background yang salah ya, karna menuh-menuhin tempat, jadi usahan desain yang memang efektif.. See uuuuuuu



6 comments:

  1. Karena depresi ga dpt a
    lagu anim ina,, jdilah sya begini,, hahahha

    ReplyDelete
  2. kita juga punya nih artikel mengenai J2SE, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2938/1/Artikel_10105421.pdf

    ReplyDelete
  3. Haha, karena depresi Si admin jadi banting setir nih kyknya, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. huee enak aja,, hahahahha
      ini waktu senggang...
      kan blog ini blog campur2,, :D

      Delete

Ayo berkomen ria,,, he3x,,,

Recent Comments

Anime Ost

Drama Asia Ost