-->

Recent Posts

Welcome

Haaa berusaha update lagu2 versi indonesia yang sudah expired, enjoy prend, sudah beberapa yang aku upload ulang, cuman berbeda file.. :)

Tuesday, March 13, 2012

Aplikasi dengan Visual Studio

Berhubung sudah lama ga buat postingan, jadi mau coba beralih ke Bahasa C#.
Bahasa ini mirip dengan Java, jadi bagi yang sudah mendalami Java mungkin bisa lanjut saja. :)
Disini kita akan menggunakan teknologi .Net, sepertinya sudah banyak yang tahu,tapi bagi saya ini adalah hal baru dalam tahun 2012 ini..

Disini saya menggunakan VisualStudio dengan .Net versi 4.0 tentunya.
Langsung sajalah.
Seperti bisa kita buat aplikasi HelloWord, tadinya saya meremehkan HelloWord karna aplikasinya cuman menampilkan sebuah pernyataan padahal ya dimana-mana memang selalu diawali HelloWord sambil memperkenalkan lingkungan Visual Studio tentunya.

 Buka Visual Studionya.
Sama seperti IDE-IDE yang lain, disini juga ada toolbox, properties, dan lain sebagainya yang diperlukan untuk membantu kita membuat suatu aplikasi.
Lanjut saja, untuk membuat project sama aja, tinggal pilih File - New - Project
Nah disini kita bisa memilih bahasa yang akan kita gunakan nantinya, ada Visual Basic, ada C#, C++, F#, dan lainnya. Setelah itu kita bisa memilih project seperti apa yang hendak kita buat. Langsung aja yang dipilih Windows Form Application. Untuk .Net versinya bisa diubah tergantung kebutuhan aplikasi kita. Kalo cuman mau diinstal di windows 98 ya .Net 2.0 kebawah baru support, untuk 2.0 ke atas untuk OS minimal Windows XP.
Walaa mirip IDE-IDE yang lain kan.. Yang ini pasti sudah familiar. Jadi malas jelasin nih.. Gitu dah tinggal drag and drop yang ada di Toolbox, ganti namanya lewat properties. Beri event untuk melakukan perintah dibagian samping properties yang ber-icon halilintar. Atau double Klik aja Buttonnya.
Nanti akan masuk ke Form1.cs (karna dengan bahasa C#) Form1.vb jika menggunakan bahasa Visual Basic. See programnya sama aja kan dengan Java.
Jadi saya rasa pasti bisa deh untuk selanjutnya.
Untuk Run tekan tombol segitiga menyamping Hijau, atau F5. Kelar dah..
Walaa, sama aja ya dengan Java. :)
Untuk cari exe nya, masuk kebagian folder project kita, pertama di Folder Solution kita (nama tidak harus sama dengan Project), masuk ke project, bin, debug, nah ketemu projectKita.exe.

Selama mencoba!

3 comments:

  1. berbagi kata kata motivasi gan
    Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri.
    semoga bermanfaat dapat di terima dan salam kenal ya gan :D , ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  2. berbagi kata kata motivasi gan
    Wanita sulit jatuh cinta, karena lebih baik menunggu pria setia daripada menerima yg datang, tapi bisa pergi kapan saja.
    semoga bermanfaat dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete

Ayo berkomen ria,,, he3x,,,

Recent Comments

Anime Ost

Drama Asia Ost