-->

Recent Posts

Welcome

Haaa berusaha update lagu2 versi indonesia yang sudah expired, enjoy prend, sudah beberapa yang aku upload ulang, cuman berbeda file.. :)

Tuesday, February 9, 2010

Ganti Background di Blogger Yuk

Ganti Background di Blogger Yuk

"Ah, aku mau ganti background jadi item kayak Djarum Black nih", kata Riko yang mau ikutan Lomba yang diadakan oleh Autoblackthrough Blog Competition.
Bisa ga sih background kita diubah? Tapi males nih mau ganti template. Mau ganti backgroundnya aja........ Bisa aja dunkz,, ^^

Sebelumnya kita cek dulu template kita ini pakai background yang kayak gimana sih. Caranya buka bagian edit HTMl di bagian Layout nya Blogger kita.
Ingat masing-masing template mempunyai penamaan yang berbeda-beda, tergantung si pembuat, tapi mudahnya kita cari bagian designya yang ada di dalam tag .
Yang pasti untuk mudahnya, kita cari kata "background" tapi ga sembarang kata background Guys, kita cari kata "background" yang ada url nya.
Gimana? Udah dapet lom?
Biasanya kurang lebih isinya begini :


Untuk menyesuaikan dengan template kita, kita cek dulu, background apa sih yang dipasang ditemplate kita??? Caranya copy paste url yang ada di gambar atas, yang ini nih:
http://lh5.google.com/jvdmds/R19kSLoNgUI/AAAAAAAABA8/HMBTgSkGmoI/girl-b.jpg ke browser, lalu ENTER. Akan tampil gambar dari url tersebut.
Nah setelah gambar background didapat, bisa kita edit deh, biasanya gambar yang dipakai, hanya sebatas garis dengan panjang tertentu dan lebarnya sangat kecil, seperti ini nih:


Kenapa harus seperti itu? Sebenarnya bukan harus sih, hanya supaya web/blog kita dapat ditampilkan dengan cepat aja makanya dibuat gambar background yang kecil,dengan menge-load gambar yang kecil, maka gambar tersebut akan lebih cepat ditampilkan. Betul ga? Tapi jika mau gambar yang besar juga ga pa2 tapi resiko gambar tampilnya lama tanggung sendiri yah,,, he3x,,,
d(-_^)good!!

Saran : Untuk gambar yang besar, lebih baik untuk Header aja, kan ga bagus banget kalau background web/blog kita ada gambarnya, ntar tulisan malah ga kebaca lagi... :P ato background yang ada gambarnya juga ga pa2 asal disetting tipis ato samar-samar ato tembus pandang, ya pake photoshop bisa tuh.

Sampai mana ya kita? Kelamaan intermeso, ga jalan-jalan deh. O iya, sampai dapet background,. Oke setelah pertimbangan yang cukup matang, si Riko akhirnya memutuskan untuk mengganti warna background yang abu-abu jadi blue. Yah, terserah si Riko ajalah maunya gimana, mau kecil, besar, sedengan,,, ha3x... aku sih, maunya ajalah.

Wah kebanyakan ngemeng lagi nih. ^^
Oke, ceritanya gambar udah beres. Setelah itu kita tinggal upload di File Hosting. Nah, bingung lagi nih si Riko nentuin dimana Dia harus taruh file gambarnya.
Hmm, kalau aku si, masukin aja di imageshack.us, tinggal register, ga register juga ga apa2 sih, cuman ntar ga teratur aja file kamu taruh mana. Jadi sarannya, register aja deh. ^^

Setelah upload, nanti kita dapet beberapa url, dibaca-baca dulu, url mana yang sesuai untuk dipasang di web. Ada keterangannya kok, ya walaupun pake Bahasa Inggris, gampanglah ngertinya. Yah yang pasti ga jauh beda ma bentuk url yang ada di contoh atas.
Oke, saya anggap si Riko udah dapet url nya, langsung aja copy paste menggantikan url yang ada di template kamu. Beres deh.

Ada pertanyaan? ('_'?) Langsung komen aja yah... ^^

Tambahan nih, buat edit2 yang lain, seperti gambar Header, sidebar, menu, dll, caranya sama aja, tinggal kita temuin tuh link gambarnya letaknya dimana. Kalo susah, ya kita coba satu2 aja gambarnya, sekalian untuk pembelajaran. (Kayak aku zaman jadul, he3x..)

Untuk Header, di blogger sudah ada fasilitas di page elemen, jadi itu lebih gampang lagi, tinggal browse - upload di blogger.
d(-_^)good!!

4 comments:

  1. Thx banget Boss, aku baru balajar neh.
    contoh edit menu dong...
    Trims...

    ReplyDelete
  2. ur welcum,,, ^^

    edit menu yg mna?
    background menu? y sma aja,,,

    ReplyDelete
  3. Kunjungan persahabatan...blognya keren abis...salam kenal yach.

    ReplyDelete

Ayo berkomen ria,,, he3x,,,

Recent Comments

Anime Ost

Drama Asia Ost