-->

Recent Posts

Welcome

Haaa berusaha update lagu2 versi indonesia yang sudah expired, enjoy prend, sudah beberapa yang aku upload ulang, cuman berbeda file.. :)

Wednesday, October 9, 2013

Project 2 : LSMK BUS dan UUS BI




Okay, masuk di bulan Mei 2013 masuk ke project baru, dan saat ini, Oktober 2013 aplikasi sudah dijalankan di seluruh Bank Indonesia di Indonesia dan Bank Syariah di seluruh Indonesia. Kenapa cuman itu? Ya karna aplikasi ini hanya dikhususkan untuk pengguna Ban Indonesia dan Bank Syariah sebagai Bank Pelapor. Sebenarnya sejak September 2013 sudah beroperasi ke seluruh Bank Syariah di Indonesia.

Oh ya nama aplikasi ini panjang kayak kereta tuut tuuttt,, hahahhaa...
Namanya : Laporan Stabilitas Moneter dan Sistem Keuangan Bulanan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Panjang toh??

Padahal awalnya namanya LBUS (Laporan Bulanan Bank Umum Syariah), bisa jadi sepanjang itu dalam waktu Mei ke Agustus 2013.. ckckc

Untuk Project ini, ceritanya kita mau membuat laporan dari Bank Pelapor menjadi lebih otomatis dengan validator ALTOVA. Dan aplikasi yang dibuat ini akan menampilkan hasil upload, hasil validasi, hingga hasil konversi dari file instance yang di upload. That's All the point..

Jadi gini ceritanya, Bank Pelapor pada masa pelaporannya (Harian, Bulanan, Triwulanan, dll) akan melaporkan laporan keuangan pada Bank Indonesia. File tersebut berupa file instance yang sudah distandarkan sesuai taxonomy yang di buat oleh Bank Indonesia. File yang diupload akan divalidasi dahulu sebelum diekstrak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu virus, data non valid, dll, sehingga tidak akan diekstrak di server BI. Setelahnya file tersebut akan masuk dalam antrian untuk di validasi oleh ALTOVA. Dari situ akan dihasilkan hasil validasi berupa Log Error yang akan di convert ke textfile dan dimasukkan dalam database untuk diolah lagi guna menghasilkan suatu hasil validasi untuk Bank Pelapor yang ditampilkan dalam Report. Garis besarnya ya seperti itu, tidak termasuk fungsi-fungsi administrasi, dan lain-lainnya.

Requirementnya (all):
1. Sharepoint 2010
2. SQL Server 2012
3. SSIS
4. SQL Server 2008 R2
5. Reporting Service yang terintegrasi dengan Sharepoint

Udah itu aja yang penting... Nah untuk anggota tim ini agak sulit nih, karna ada suatu insiden yang buruk dalam kerjasama dengan user, maka banyak orang yang harus diexclude dari project dan juga banyak pula yang harus ditambahkan.
Wah dan dulu sempat, senior2 kantor disuruh datang ntuk menangani masalah itu. Hahaha tapi percuma juga, walaupun mereka pinter kelas kakap, karna bukan dari awal dan hanya sehari disuruh bantu, alhasil tak ada hasilnya juga.

But overall sekarang sudah A.M.A.N, kan sudah Go Live, :D

Current team : (yang lalu biarlah berlalu)
1. Rizki Pebuardi
2. Ardyansah
3. Firmansyah
4. Liliana Mustika Dewi
6. Bagus Perwira Laksmana
7. Chandra Aziz Setyo
8. Heni Agustin

Selesaiiiii... :D

Ringkasan Aplikasi:

Aplikasi ini adalah aplikasi monitoring kelengkapan laporan dan keterlambatan pengiriman laporan ke Bank Indonesia oleh Bank Pelapor Syariah.

Pada masa pelaporan tertentu, yang diatur pada menu Masa Pelaporan di Administrasi, Bank Pelapor mengupload file instance dalam bentuk kompresi melalui aplikasi ini.

Setiap file kompresi yang diupload akan direname dengan nomor antrian yang digunakan dalam proses antrian ekstraksi, sehingga file yang diekstraksi terlebih dahulu adalah file yang diupload duluan. Untuk mengurangi jumlah file yang tertimpa karna bank mengupload lebih dari sekali file yang sama.

Setelah ekstraksi akan di catat file ekstraksi mana saja yang lolos dan gagal dengan kriteria:
Status        
Description
-3        
Sandi Bank di nama instance tidak sama dengan sandi bank yang dipilih
-2        
Instance tidak diterima karena diupload di luar periode online
-1        
Gagal ekstrak file
0        
File belum terkompresi
1        
Nama instance tidak sesuai juknis
2        
User tidak berwenang untuk mengupload instance ini
3        
Sukses ekstrak file. Status berikutnya silakan lihat di Laporan Absensi
4        
Gagal Validasi XBRL
5        
Sukses Validasi XBRL
6        
Selesai Validasi XBRL. Sedang proses penentuan Status hasil validasi
Status -3 sampai dengan 3 dapat dilihat di Laporan Status Upload.

Kemudian setelah diekstraksi (yaitu dengan status 3) akan mentrigger proses validasi. Proses validasi dibagi ke dalam 2 server dengan validasi Altova. Dimana file dengan Sandi Bank yang sama akan menunggu sampai proses validasi Altova selesai kemudian akan divalidasi ulang kembali dengan nomor versi yang berbeda.

Setelah validasi selesai maka status file menjadi 6. Kemudian akan dicek Assertion File yang digenerate oleh Altova, jika kosong maka status validasi menjadi 5 (sukses) jika isi maka dilakukan insert Assertion Log ke dalam database yang kemudian nanti dapat dilihat dalam report aplikasi dan status validasi menjadi 4 (gagal).


Setelah status menjadi 5 maka file xml yang diupload akan diconvert menjadi file csv dan dapat didownload di menu Download Instance. 



No comments:

Post a Comment

Ayo berkomen ria,,, he3x,,,

Recent Comments

Anime Ost

Drama Asia Ost